Rabu, 02 Agustus 2017

Tugas MK Micro Teaching Membuat RPP




Tugas Individu


Micro Teaching







OLEH:

Nama                    : Zaenal Untung 
Stambuk               : A1D1 14 098
Kelas                     : B





JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS HALU OLEO
KENDARI
2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                              : SMP  Negeri 1 Kendari
Mata Pelajaran                                    : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                                    : VIII/2
Materi Pokok                                      : Mengenal Ciri-ciri Fabel
Tema                                                   : Fabel
Alokasi Waktu                                    : 2 x  40 Menit
A. Kompetensi Inti
(1)  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
(2)  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
(3)  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
(4)  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1   Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia di kelas dan di luar kelas dengan baik dan benar
2.
2.1  Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
      Tidak menjiplak dalam menulis teks
Selalu tepat waktu dalam menyelesaikan tugas
    Senantiasa menggunakan kata-kata yang tidak menyinggung perasaan orang lain
3.
3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/lagenda daerah setempat yang dibaca dan didengar
     Menyimpulkan ciri unsur cerita fabel pada teks yang dibaca/didengar.
   Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri cerita fabel pada teks yang dibaca/didengar
4.
4.11 Menceritakan kembali isi fabel/ legenda daerah setempat
   Menceritakan kembali ciri umum fabel secara lisan
   Menceritakan kembali jenis fabel secara lisan

C. Tujuan Pembelajaran  
a. Melalui  membaca teks cerita fabel peserta didik dapat mengenal ciri umum fabel.
b. Melalui  mencermati teks cerita fabel peserta didik dapat mengidentifikasi jenis fabel.
c. Terbiasa menunjukkan sikap peduli membantu sejawat dalam berdiskusi tentang isi,  struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks cerita moral/fabel.
d. Selalu menunjukkan sikap merasa senang dan bangga atas karya budaya bangsa dengan berupa teks cerita fabel.
e. Banyak mengenal judul-judul cerita moral/fabel karya Indonesia.
D. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.  Pendekatan        : Saintifik
2.  Metode              : Langsung
3.  Model                : Discovery Learning
E. Media ,Alat   dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Cerita Fabel
Lingkungan sekitar peserta didik
Tayangan  materi power point
2. Alat
Teks cerita fabel
Gambar binatang Lembar Kerja siswa
3.  Sumber Belajar
Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII
Buku cerita fabel
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 
a. Pendahuluan  (10  menit )
1)  Perserta didik merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi siswa dan  kelas.
2) Perserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3) Untuk memberikan motivasi peserta didik dalam pembelajaran mengenali ciri fabel.
4) Perserta didik disiapkan untuk mengikuti pelajaran tentang mengenali ciri fabel.
5) Perserta didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran.
6) Peserta didik menyimak pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran
b.  Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
·  Peserta didik membaca/mendengarkan contoh  teks cerita fabel  dengan cermat.
Menanya
·  Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanyakan  ciri umum fabel
· Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanyakan  jenis fabel
Menalar/mengeksplorasi
·  Peserta didik mendiskusikan ciri umum fabel, unsur yang membentuk sebuah fabel dan jenis-jenis fabel ditinjau dari latar cerita
Mengasosiasi
· Peserta didik menyimpulkan ciri umum fabel dan jenis fabel
Mengomunikasikan
· Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi  tentang ciri umum fabel dan jenis fabel
c.  Penutup (10 menit)
1)  Dengan bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pelajaran tentang mengenali ciri fabel
2)  Peserta didik mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami mengenali ciri fabel
3)  Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
4)  Peserta didik mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru mengenai mengenali ciri fabel
5)  Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
6)  Guru mengucap salam penutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar